Jadi, meskipun visi untuk memiliki tol bawah laut di IKN sangat kuat, namun untuk realisasinya tetap akan bergantung pada ketersediaan pendanaan besar, baik dari pinjaman luar negeri maupun investasi swasta.
Sehingga, proyek ini diharapkan dapat menjadi salah satu ikon dari IKN di masa depan, yang tidak hanya menghubungkan dua sisi kawasan dengan efisien, tetapi juga menjadi mahakarya teknik sipil.
Sementara itu, selain IKN, sebelumnya juga ada beberapa negara yang telah merealisasikan pembuatan tol di bawah air, bahkan di bawah laut sebagai sarana transportasi. Diantaranya adalah berikut ini:
1. Kanada
Pertama ada Kanada, Terowongan George Massey menjadi satu-satunya terowongan jalan di bawah permukaan laut di negara tersebut.
Dibangun pada tahun 1957, terowongan George Massey juga tercatat sebagai terowongan pertama di British Columbia yang menggunakan teknologi immersed tube dengan panjang 0,6 km.
2. Amerika Serikat
Kemudian Amerika Serikat juga memiliki Terowongan Ted Williams, ini adalah jalan tol di bawah laut yang ada di Kota Boston.